Potensi Desa dan Pengembangan Wisata di Kuningan Jawa Barat

Desa wisata saat ini menjamur di berbagai daerah seperti di Kuningan, Jawa Barat, di Batu, Jawa Timur dan daerah lain, dengan memaksimalkan nilai ekonomi seperti wahana ekowisata yang dimiliki desa bersangkutan.

Untuk mendorong geliat desa wisata bertumbuh lebih pesat lagi, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Yogyakarta membuat kolaborasi dengan Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Deswita), menggelar kegiatan diskusi 'Desa Wisata Goes To Campus 2018' di kampus UBSI Yogyakarta, Selasa (18/12/2018).

Sigit Istiarto, pembicara dari Forkom Deswita, yang juga menjadi ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) kampung wisata Dipowinatan mengatakan, dukungan dari kalangan akademisi saat ini masih sangat dibutuhkan untuk memacu potensi dan pengembangan desa wisata.

Baca Juga

"Misalnya kegiatan-kegiatan pengkajian terhadap desa atau kampung wisata yang hasilnya diharapkan mampu membantu pengembangan desa dan kampung wisata,” ujarnya.

Sigit mengajak para mahasiswa agar lebih aktif sebagai penggerak sociopreneur di daerahnya sendiri, hal itu diungkapkannya karena pemikiran kreatif mahasiswa dibutuhkan dalam pengelolaan desa wisata ini.

Baca: Bawaslu: Kotak Suara Pemilu dari Kardus Rawan Rusak Terpapar Air dan Terbakar

“Pengembangan dan pengelolaan kampung dan desa wisata juga harus memperhatikan lingkungan dan masyarakat yaitu tidak merusak lingkungan dan harus dipastikan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat.” ujar Sigit.

Baca: Pelesir Musim Gugur Danau Ashinoko di Taman Nasional Hutan Hakone, Perfektur Kanagawa

Kegiatan diskusi ini diikuti mahasiswa Program Studi Perhotelan UBSI dan diharapkan bisa membuat mahasiswa lebih tergerak dalam upaya mengembangkan sumber daya yang ada di desa khususnya dalam bidang pariwisata.

Baca: Hinca: Perusakan dan Penghilangan Baliho SBY dan Demokrat Masif dan Dilakukan Malam Hingga Dinihari

“Sayang sekali kan, kalau tidak di kelola, desa-desa di kita itu sangat asri, sejuk, nyaman dan orangnya pun ramah-ramah,” ujar Sigit.

Ani Wijayanti, SE, M.Par, Ketua Prodi Perhotelan UBSI mengatakan. kegiatan semacam ini merupakan salah satu upaya Prodi Perhotelan untuk berkontribusi akademisi terhadap perkembangan pariwisata di Yogyakarta.

“Kegiatan ini merupakan upaya mendorong pengelolaan desa dan kampung wisata di Yogyakarta yang memerlukan peran serta dari berbagai pihak terlebih dari kalangan akademisi,” kata Ani Wijayanti.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Yogyakarta Gerakkan Potensi Desa Wisata Lewat Partisipasi Mahasiswa

Editor: Choirul Arifin

potensi desa menurut sumber daya lainnya I jelaskan potensi desa I fungsi desa I potensi kota I potensi desa pdf I makalah potensi desa I potensi desa bps I potensi desa wisata

Potensi Desa dan Pengembangan Wisata di Kuningan Jawa Barat Potensi Desa dan Pengembangan Wisata di Kuningan Jawa Barat Reviewed by # on December 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Post Top Ad

Post Top Ad

Powered by Blogger.