4 Surat ini Sangat Istimewa Diamalkan Jutaan Ummat

Sekitar empat surat di dalam al-Qur'an yang dinilai istimewa dan diamalkan jutaan ummat Islam. Surat al-Qur'an tersebut memiliki keutamaan dan bermanfaat khusus bagi pembacanya, apalagi jika sering dan rutin kita amalkan. Keempat surah itu adalah Yasin, Almulk, Alwaqiah dan Alkahfi.

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya, keempat surah ini memiliki keistimewaan masing-masing. Surah Alkahfi, jika dibaca pada Kamis malam atau malam Jumat, pagi, siang dan sore Jumat, maka Allah akan memberikan cahaya kepada pembacanya.

“Cahaya ini berfungsi untuk membuat kita bisa melihat dan membedakan yang benar dan salah. Kita dalam hal ini bukan bisa melihat dengan mata, tetapi dengan cahaya. Mata kita normal, bisa melihat, tetapi jika sekeliling kita gelap gulita, kita tak bisa melihat apa-apa. Oleh sebab itu diperlukan cahaya agar terang dan kelihatan sekeliling kita,” sebutnya.

Cahaya ini diberikan Allah selama sepekan dari Jumat saat kita membacanya hingga Jumat depannya. Manfaat lainnya dari membaca surah ini adalah mampu membuat kita membedakan tipu muslihat Dajjal.

Dajjal disebutkan bisa meniru mukjizat Nabi Isa, yaitu bisa menghidupkan mayat. “Dia tunjuk-tunjuk saja ke langit, turun hujan. Tunjuk ke tanah, tumbuh tanaman. Tunjuk ke mayat, hidup dia. Bisa dia hidupkan mayat seperti mukjizatnya Nabi Isa. Nabi Isa palsu dia ini. Oleh sebab itu, jika kita membaca Surah Alkahfi, Allah akan memberikan kita kemampuan membedakan dan menghindari tipu daya Dajjal,” jelasnya lagi.

Kemudian manfaat membaca Surah Alwaqiah adalah Allah akan menjaga kita dari segala kesusahan, kemiskinan dan kemelaratan hidup.

Menurutnya, hadis ini lemah atau dhaif. Dengan membacanya bukan berarti surah ini mantra yang bisa membuat hidup kita akan terhindar dari kesusahan, tetapi dengan membacanya bisa dijadikan bahan perenungan untuk menumbuhkan keyakinan bahwa kesusahan kita akan hilang.

Selanjutnya adalah manfaat membaca Surah Almulk. Dalam sebuah hadis sahih, disebutkan jika membacanya maka Allah akan menghindarkan dan menyelematkan kita dari siksa kubur.

Kemudian manfaat membaca Surah Yasin, biasanya umat Islam Indonesia senang membacanya malam Jumat. Menurutnya, di sebuah hadis Nabi Muhammad dijelaskan siapa yang membaca Surah Yasin malam hari, maka subuhnya dosa-dosanya akan diampuni.

“Di hadis itu tak dijelaskan membacanya harus malam apa. Cuma disebutkan di satu malam, berarti bisa malam apa saja. Bagus lagi kita baca tiap malam, kalau tak bisa juga minimal sepekan sekali lah tiap malam Jumat,” terangnya. (banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Yasin, Alwaqiah, Almulk dan Alkahfi di Malam Jumat, http://surabaya.tribunnews.com/2018/04/05/keutamaan-dan-manfaat-membaca-surat-yasin-alwaqiah-almulk-dan-alkahfi-di-malam-jumat?page=all.

Editor: Tri Mulyono
4 Surat ini Sangat Istimewa Diamalkan Jutaan Ummat 4 Surat ini Sangat Istimewa Diamalkan Jutaan Ummat Reviewed by # on May 17, 2017 Rating: 5

No comments:

Post Top Ad

Post Top Ad

Powered by Blogger.